Rabu, 05 Oktober 2016

Mengenal Card Flourish



Card Flourish adalah sebuah seni memainkan kartu dengan artistik, tanpa menampilkan unsur magis, sulap ataupun alat bantu lainnya, melainkan hanya mengandalkan skill (kemampuan) dari si flourisher (orang yang mempelajari card flourish).

Pengertian diatas saya ambil dari salah satu sumber saya, Sudah ada gambaran apa itu Card Flourish? Kalau belum saya akan kasih link video dari youtube agar nanti kalian semua tidak semakin bingung.

Link Card Flourish : https://www.youtube.com/watch?v=2T_Hyzn4Fiw

Flourish tergolong sukar untuk dipelajari, Kenapa? karena membutuhkan cukup banyak latihan, tidak hanya sekali-duakali, namun berkali-kali. Tapi apabila kalian semua telah berhasil menguasai satu gerakan flourish, maka pasti akan merasa ketagihan dan ingin mempelajari gerakan flourish yang lain. Seperti apa yang saya alami setelah lancar (belum bisa pakai speed), rasa penasaran akan gerakan-gerakan flourish bermunculan. Orang-orang yang menguasai gerakan flourish, disebut Flourisher. Mau disebut Flourisher? Jangan pernah menyerah, saya sudah bisa 3 display, 5 cutting (cuma sekedar bisa :D) padahal belum 1 bulan. Pasti kalian lebih cepat dari saya karena saya tipe orang pemalas haha.

Untuk kartu yang digunakan untuk bermain card flourish sangat beragam diantaranya, arco deck, bicycle titanium, bicycle pastel, bicyle low vision, bicyle ghost black, bicycle vintage, bicycle ghost white, dan mandolin black. Untuk harga kartu flourishnya berkisar antara 50 ribu sampai jutaan rupiah, semakin langka kartu Flourish semakin mahal harganya. Saya saat ini masih memakai bicycle standart harganya masih berkisar 65rb kalau di kota kalian mungkin sedikit berbeda.

Selanjutnya saya akan membagikan teknik yang biasa dipakai untuk flourish :

Shuffles,(mengacak kartu). sering digunakan untuk memulai permainan kartu.

Cuts, membagi deck menjadi beberapa bagian. Tujuan digunakan cuts ini hampir sama seperti shuffles, tapi dalam beberapa packet. Beda dengan shuffles yang mengacak tiap kartu.

Spreads, menjajarkan beberapa kartu sehingga membentuk suatu barisan. Biasa digunakan di casino untuk memperlihatkan urutan kartu.

Fans, teknik lanjutan dari spreads, yaitu melakukan spread dalam bentuk lingkaran sehingga menyerupai kipas.

Springs / Drops, lebih sering digunakan untuk showoff. melempar, mendribble , menjatuhkan, ataupun memindahkan deck dari tangan ke tangan lain.

Productions , memunculkan / menampilkan beberapa kartu (biasanya 4 kartu serupa) dalam waktu yang sangat singkat.

Changes , teknik merubah kartu. tapi ini lebih sering digunakan sebagai pelengkap karena ini adalah salah satu bagian dari sleights / card magic.

Adapun macam gerakan flourish seperti dibawah ini :

Display, bagian dimana card flourish yang dilakukan berhenti untuk beberapa saat. tujuannya untuk menunjukkan / memperlihatkan sebuah / beberapa bentuk yang dihasilkan oleh bagian dari card flourish tersebut. Jadi  lebih mudah dimengerti / di apresiasi.

Motion, kebalikan dari display nih. disukai karena gerakannya.

Aerial, merupakan sebuah sifat card flourish yang memiliki nilai akrobatis, dimana card flourish tersebut melibatkan kartu / packet / deck tersebut berada di udara.

Susunan dan kombinasi Card Flourish :

Single , melakukan hanya 1 gerakan lalu berhenti.

Combo , melakukan bermacam-macam gerakan sekaligus.

Sequence , melakukan gerakan dengan urutan seperti rantai.

Routine , gabungan dari 3 jenis diatas dalam sebuah performance.

Untuk komunitas sendiri yang saya tau hanya ICA (Indonesia Card Artist), saya sendiri juga belum ingin bergabung dengan komunitas tunggu skill udah advance, biar bisa bermanfaat nanti di komunitas. Sekilas tentang ICA :

Indonesian Card Artist (ICA), Komunitas ini terbentuk pada 1 Februari 2009. Pada awalnya ICA ini hanya beranggotakan 9 orang dan hingga kini member dari ICA semakin bertambah, yang menyebar luas di Indonesia.

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh ICA saat berkumpul yaitu saling sharing dan belajar move-move baru dari gerakan flourish selain itu mereka juga sering membahas tentang event-event dan kompetisi apa yang akan diikuti atau yang akan komunitas ini buat sendiri.

Ciri khas dari komunitas ini yaitu tidak memandang umur dan genre, di ICA semua kalangan berkumpul menjadi 1 dari yang masih SD, pegawai kantoran sampai yang telah berkeluarga banyak yang bergelut dengan permainan ini tak terkecuali perempuan. Karena ICA mempunyai motto 100 persen fun mereka berusaha mengembangkan permainan kartu menjadi sesuatu yang kreatif dan unik.

Komunitas ICA banyak diundang untuk tampil di beberapa program televisi, radio dan juga live performance. Dari segi individual beberapa Flourisher anggota dari ICA juga telah banyak memenangkan beberapa kompetisi di dalam bahkan diluar negeri.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini? Sangat simple dan tanpa mengeluarkan biaya apapun, siapapun bisa langsung gabung setiap acara kumpul ICA setiap hari minggu di MCD Kemang, Jakarta Selatan jam 8 malam.

Untuk yang berada di luar Jakarta bisa join member di www.indocardists/forum dan gabung di di group facebooknya di indonesian card artist dan bisa juga follow twitternya di @indocardist untuk bisa mendapatkan info-info terbaru seputar card artist di Indonesia.

Tertarik mempelajarinya ? Saya akan beri video tutorialnya atau kalian juga bisa langsung cari sendiri di youtube. Untuk tutorial saya sudah cantumkan artikel di bawah ini :



Sumber :

1. http://www.keriba-keribo.com/2012/08/tentang-cardistry-dan-card-flourish.html

2. http://diamma.com/2011/12/29/card-flourish-bukan-kartu-biasa/

3. http://www.kaskus.co.id/thread/50f513a21c76087171000002/card-flourish-permainan-kartu-yang-menakjubkan/

4. http://fuwafuwazone.blogspot.co.id/2013/11/freestyle-kartu-card-flourish.html

0 komentar:

Posting Komentar