Rabu, 05 Oktober 2016

Memilih Kartu Untuk Card Flourish





Bagi seorang card flourisher, deck kartu yang anda pegang memiliki peranan penting dalam kesuksesan pertunjukan kalian. Memilih playing card yang baik menjadi salah satu hal penting, mengingat benda ini akan menjadi medium utama dalam rutin kalian. Apa saja faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam memilih Playing Cards? Berikut penjelasannya :



1. Tujuan Penggunaan Kartu

Tentukan dulu apakah Dulur ingin menggunakan kartu tersebut dalam close-up magic, card flourish, stage manipulation, atau mentalism. Untuk Card Flourish, biasanya dibedakan menjadi satu dek khusus untuk fanning, dan satu dek lain untuk cutting. Akan lebih nyaman menggunakan kartu yang spesial dibuat dengan kualitas untuk mempermudah flourish, seperti Tally Ho atau Smoke and Mirror.

2. Ukuran Kartu

Tentukan apakah kalian ingin menggunakan kartu berukuran Poker (lebar sekitar 6,2 cm) atau ukuran Bridge (lebar sekitar 5,7 cm). Untuk card flourish, walaupun tidak ada peraturan tertulis, namun sepertinya sudah menjadi kesepakatan bersama untuk menggunakan kartu ukuran Poker di dalam video. Perhatikan juga kemungkinan untuk menggunakan kartu ukuran besar (Bicycle Jumbo Deck, 20 cm x 28 cm) untuk show di atas panggung, dengan tujuan kartu bisa terlihat oleh semua penonton.

3. Bahan Kartu

Perhatikan juga bahan dasar kartu. Biasanya kartu Bicycle Standard berbahan dasar kertas, memiliki air cushion finishing (semacam lapisan di atas kartu yang membuat permukaan lebih halus). Kartu yang lebih murah biasanya hanya terbuat dari kertas, dengan kualitas lapisan yang lebih rendah. Ada juga kartu yang 100% terbuat dari plastik, yang sangat nyaman untuk berbagai trik double lift dan color change namun tak bisa digunakan sama sekali untuk teknik card crimping atau fanning. Ada juga yang disebut "Linoid Finishing" seperti pada kartu Tally-Ho yang lebih tebal dari Air Cushion finishing sehingga membuat kartu tidak menempel satu sama lain, dan sangat cocok untuk card flourish.

4. Warna Kartu dan desain

Ada banyak kartu dengan warna berbeda. Biasanya yang standar adalah background putih dengan simbol merah atau hitam, dan bagian belakang berwarna merah atau biru. Ada juga jenis kartu berwarna hitam seperti "Black Tiger" atau "Black Arcane" yang terlihat sangat elegan. Untuk keperluan show dalam jumlah audiens besar, disarankan untuk memilih kartu dengan warna standar yang sudah familiar di mata penonton. Untuk show close-up yang lebih personal, anda bisa menggunakan kartu berwarna elegan dengan desain khusus seperti "Arcane" atau "Bicycle Vintage". Untuk show stage manipulation, ada kemungkinan juga untuk menggunakan kartu dengan berbagai macam warna sehingga permainan manipulasi menjadi lebih menarik.

5. Harga

Harga juga menjadi faktor yang patut diperhatikan karena sebanding dengan daya tahan dan kualitas kartu. Biasanya, kartu standar Bicycle, Tally Ho, Bee dan modifikasinya berharga sekitar 3-10 dollar. Untuk kartu seperti Smoke and Mirrors dan Jerry Nuggets, mungkin harganya sekitar 2-3 kali lipat karena selain kualitasnya lebih bagus juga diproduksi secara terbatas.



Sumber :

1. http://www.kaskus.co.id/thread/50f513a21c76087171000002/card-flourish-permainan-kartu-yang-menakjubkan/

2 komentar: